01 Maret 2013

SMS-MODUL 5: PERSONAL DEVELOPMENT

Pada Modul 2, 3, dan 4 telah dibahas bagaimana Memahami Atasan dari berbagai aspek, termasuk gaya interaksi sosial (Social Style), gaya ke-pemimpinan (Leadership Style), dan pekerjaannya.

Dengan memahami tiga faktor fundamental tersebut Anda akan lebih mudah beradaptasi dan membangun Synergy yang baik dengan Boss Anda.

Mulai Modul 5 ini akan dibahas apa yang perlu Anda lakukan untuk  membangun kompetensi pribadi yang relevan dengan pekerjaan Anda sekarang dan rencana pengembangan karir Anda, sehingga dapat mening-katkan kinerja Anda sekarang, dan berkontribusi nyata pada kemajuan karir selanjutnya. Ini yang disebut Pengembangan Diri (Personal Development).

Sebagai dasar pengembangan diri untuk dapat membangun hubungan kerja yang baik dengan Boss, ada 3 keterampilan yang perlu Anda kembangkan:

1.   Kuasai keterampilan utama

2.   Memperbaiki citra diri

3.   Mengelola waktu secara efektif

Kuasai Keterampilan Utama

Apa keterampilan utama yang perlu Anda kuasai?

Anda tahu tuntutan pekerjaan Boss terhadap Tim-nya, termasuk Anda. Kuasailah semua keterampilan yang diperlukan agar Anda mampu meme-nuhi tuntutan tersebut, termasuk tututan yang diharapkan dari rekan kerja, bukan dari Anda pribadi.

Sesekali ada saja rekan kerja yang tidak dapat melaksanakan tugasnya, karena gangguan kesehatan, urusan keluarga, atau alasan lainnya. Apabila orang itu mempunyai peran kritis dalam ritme pekerjaan di kantor, dimana peran itu tidak boleh kosong/terhenti, maka pada saat itu Boss akan PANIK. Dia akan berpikir keras, “Siapa yang dapat menggantikan peran orang itu?”

Situasinya akan jauh berbeda, bila Boss tahu bahwa di tim-nya ada Anda, orang yang selalu siap membantu, terampil, dan dapat diandalkan untuk mengerjakan pekerjaan orang yang alpa tersebut. Maka Boss akan tahu kepada siapa dia akan tersenyum dan meminta bantuan.

Semakin sering Anda dapat mengisi kekosongan semacam ini, makin terasa bagi Boss bahwa Anda adalah anggota tim yang sangat berguna, me-ringankan pekerjaannya, dan dapat diandalkan.

Memperbaiki Citra Diri

Perhatikan rekan-rekan kerja Anda, sebagian dari mereka ada yang meman-carkan kesan sebagai orang sukses dan positif, sementara yang lainnya tampil sangat sederhana, bahkan cenderung memancarkan kesan sebagai orang yang berkepribadian lemah, dan tidak terampil.

Padahal sesungguhnya kelompok pertama belum tentu lebih pandai/terampil dari kelompok kedua. Pada kenyataannya, banyak orang dari kelompok ke-dua memiliki keterampilan yang sangat mumpuni, dan merupakan asset berharga bagi timnya.

Lalu apa pentingnya “citra diri” sebagai orang sukses dan positif?

Orang yang memiliki citra diri sebagai orang sukses dan positif selalu di-inginkan oleh banyak orang, termasuk Boss Anda. Jadi, bila Anda ingin membangun hubungan terbaik dengan Boss, sangat penting untuk me-nyemai “citra diri” sebaik mungkin.

Beberapa faktor yang berkontribusi membangun “citra diri”:

·         Penampilan secara keseluruhan, temasuk cara berpakaian, make-up dsb

·         Rasa percaya diri

·         Energi

·         Sikap positif

·         Dapat dipercaya (trustworthiness)

·         Layak disukai

 Mengelola waktu secara efektif

Tentu Boss tidak suka kalau anda sering  terlambat dalam  menyelesaikan tugas, atau menghadiri meeting.

Meskipun Anda melakukan semuanya tepat waktu, tidak akan menarik perhatian Boss. Tapi bila Anda selalu siap membantu, disamping menyele-saikan tugas-tugas Anda sendiri tepat pada waktunya, maka Boss akan memandang Anda sebagai orang yang profesional, dapat diandalkan, dibutuhkan di dalam Tim. Semua ini dapat dicapai, bila Anda dapat meng-atur waktu dengan baik.

Berikut ini beberapa petunjuk praktis yang dapat membantu Anda mengelola waktu:

1.   Luangkan waktu 15 menit setiap pagi atau sore untuk mengatur jad-wal aktivitas Anda.

2.   Kemanapun Anda pergi selalu siap untuk mencatat yang perlu dicatat

3.   Update agenda Anda dengan hal-hal yang baru Anda catat

4.   Buat rencana kerja tahunan, bulanan, mingguan, dan harian

5.   Prioritaskan berdasarkan tingkat urgensi dan kepentingan

Bila Anda tertarik untuk mengikuti serial ini lebih lanjut, silakan gabung di milis KarirPD dengan mengirimkan email kosong ke


 

Salam,

Virja Dharma Gita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar